Jumat, 27 Mei 2016

PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA

PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA PRESENTASI

A. Konsep Multimedia
        Multimedia adalah media presentasi dengan menggunakan teks, audio dan visual sekaligus. Menurut Hofstteter dalam Rusman (2013:296) multimedia adalah pemanfaatan computer untuk membuat dan menggabungkan teks, grafik, audio, gambar begerak (video dan animasi) dengan menggabungkan link dan tool yang memungkinkan pemkai untuk melakukan navigasi, berinteraksi, dan berkomunikasi.
          Multimedia presentasi digunakan untuk untuk menjelaskan materi-materi yang sifatnya teoritis, digunakan dalam pembelajaran klasikal dengan group belajar yang cukup banyak di atas 50 orang. Media ini cukup efektif sebab menggunakan multimedia projector yang memiliki jangkauan pancar cukup besar. Kelebihan media ini adalah menggabungkan semua unsur media sepeti teks, video, animasi, image, grafik, dan sound menjadi satu kesatuan penyajian, sehingga mengakomodasi sesuai dengan meodalitas belajar siswa.

B. Program Aplikasi Presentasi
        Program aplikasi presentasi merupakan paket dari program computer yang digunakan untuk membantu penggunanya dalam mengolah bahan presentasi. Program aplikasi ini memiliki kemampuan untuk mengelola bahan presentasi tersebut yang dikenal dengan nama slide show. Fasilitas yang disediakan pada program ini bermacam-macam yang berhubungan dengan bahan presentasi tersebut, diantaranya adalah penyusunan bahan, pengolahan teks, grafis, dan multimedia. Ada beberapa program aplikasi pengolah presentasi di antaranya yaitu :
1. Corel Presentation
       Corel Presentation merupakan aplikasi komersial seperti Microsoft Office. Aplikasi ini dilengkapi dengan fitur yang lumayan lengkap dan interface yang mudah. Corel Presentation memiliki fitur seperti : koleksi foto dan gambar yang cukup banyak, font beragam dan harganya lebih murah dari Microsoft Office.
2. Kpresenter
         Kpresenter adalah program presentasi yang merupakan bagian dari Koffice, paket aplikasi office terintegrasi untuk desktop KDE. Format native KPresenter adalah XML, dikompresi dengan zip. KPresenter juga dapat mengimpor presentasi dari Microsoft PowerPoint, Magicpoint, dan OpenOffice, org Impress.
3. Ooo Impress
         Openoffice.Org Impress atau dikenal dengan sebutan IMPRESS saja adalah perangkat lunak untuk membuat presentasi multimedia dan media interaktif. Fasilitas Unggulan Openoffice.Org Impress, yaitu:
    a. Multi monitor, mempresentasikan dengan tampilan lebih dari satu monitor
    b. Perangkat penggambar dan diagram
    c. Animasi dan Efek Slide show
    d. Master document, membuat dokumen presentasi secara kelompok dalam jumlah besar.
4. Microsoft Power Point
     Microsoft Office Powerpoint adalah sebuah program computer untuk presentasi yang dikembangkan oleh Microsoft, Microsoft Office, meliputi Microsoft Powerpoint, Microsoft Word, Excel, Access, dan beberapa program lainnya. Microsoft Powerpoint berjalan diatas computer PC berbasis sistem operasi Microsoft Windows dan juga Apple Macintosh yang menggunakan sistem operasi Apple Mac OS, meskipun pada awalnya aplikasi ini berjalan di atas sistem operasi Xenix. Aplikasi ini sangat banyak digunakan, apalagi oleh kalangan perkantoran, para guru, siswa dan masyarakat umum.

C. Power Point sebagai Media Presentasi
          Program Powerpoint salah satu software yang dirancang khusus untuk mampu menampilkan program multimedia dengan menarik, mudah dalam pembuatan, mudah dalam penggunaan dan relatif murah, karena tidak membutuhkan bahan baku selain alat untuk menyimpan data (data storage). Powerpoint dapat digunakan melalui tipe penggunaan :
1. Personal Presentasi digunakan untuk presentasi dalam kelas klasikal learning. Seperti kuliah, training, seminar, workshop, dan lain-lain. Pada penyajian ini powerpoint sebagai alat bantu bagi instruktur/guru untuk presentasi menyampaikanmateri dengan bantuan media powerpoint. Dalam hal ini control pembelajaran terletak pada guru atau instruktur.
2. Stand Alone dapat dirancang khusus untuk pembelajaran individual yang bersifat interaktif, meskipun kadar interaktif tidak terlalu tinggi namun Powerpoint mampu menampilkan feedback yang sudah deprogram.
3. Web Based, pada pola ini powerpoint dapat diformat menjadi file web (html) sehingga program yang muncul berupa browser yang dapat menampilkan internet. Hal ini ditunjang dengan adanya fasilitas dari powerpoint untuk mempublish hasul pekerjaan hasil pekerjaan anada menjadi web. Selain itu beberapa pengembang multimedia telah membuat software-software yang dapat mengubah file powerpoint menjadi file exe atau swf.

D. Teknik Pengembangan Multimedia Presentasi

Berdasarkan gambar tersebut, prosedur pembuatan presentasi di awali dengan:
1. Identifikasi program, hal ini dimaksudkan untuk melihat kesesuaian antara program yang dibuat dengan materi, sasaran (siswa) terutama latar belakang kemampuan, usia, juga jenjang pendidikan. Perlu juga mengidentifikasi ketersedian sumber pen dukung seperti gambar, animasi, video, dan lain-lain.
2. Mengumpulkan bahan pendukung sesuai dengan kebutuhan materi dari sasaran seperti video, gambar, animasi, suara. Pengumpulan bahan tersebut dapat dilakukan dengan cara mencari melalui internet (browsing), menggunakan yang sudah ada di direktori anda, jika diperlukan memproduksi sendiri bahan-bahan yang diperlukan misalnya untuk kebutuhan video dengan shooting. Rekaman audio dan untuk kebutuhan gambar melalui scanning image. Bersamaan dengan itu dilakukan juga penyusunan materi yang diambil dari bahan utama misalnya buku, modul, makalah lengkap. Materi untuk powerpoint sebaiknya dikemas menjadi uraian pendek, pokok-pokok bahasan atau pointer-pointer.
3. Setelah bahan terkumpul dan materi sudah dirangkum, selnjutnya proses pengerjaan di PowerPoint hingga selesai. Selanjutnya mengubah hasil akhir presentasi apakah dalam bentuk slide show, Web Pages, atau Executble File (exe).
4. Setelah program selesai dibuat, tidak langsung digunakan sebaiknya dilakukan review program dari sisi bahasa, teks, tata letak, dan kebenaran konsep, selanjutnya direvisi dan siap digunakan.

E. Teknik Membuat Bahan dengan Power Point
           Teknik membuat bahan dengan power point sebagai berikut.
1. Buka Microsoft PowerPoint, kemudian pilih menu design, lalu pilih theme yang disukai.
2. Setelah memilih theme, silahkan ganti tulisan click to add title dengan judul present dan click to add subtitle dengan deskripsinya.Untuk menambah slide bisa melakukannya di menu home kemudian klik new slide lalu pilih layout yang dibutuhkan.
3. Jika ingin menhapus salah satu slide tinggal klik slide yang akan di hapus kemudian klik Del pada keyboard. Selain itu, juga bisa mengatur slide 1 menjadi slide 2 dengan cara drag and drop. Untuk menambahkan animasi pada pergantian slide bisa melakukannya di menu animation klik slide yang akan diberi animasi, kemudian pilih model animasi yang disukai serta bisa menambahkan suara dikolom no sound dan mengatur kecepatan animasi di kolom fast. Klik automatically after jika menginginkan perubahan slid tanpa di klik mouse. Untuk melihat hasilnya, silahkan klik preview yang berada di pojok kiri atas.
4. Untuk menambahkan efek animasi pada teks atau gambar dalam presentasi, silahkan klik costume animation kemudian klik teks yang akan di kasih animasi, lalu pilih add effect.
5. Klik Slide Show untuk melihat hasil keseluruhan (full screen).
6. Jika presentasi sudah di buat silahkan disimpan.


DAFTAR PUSTAKA:
Rusman, dkk. 2013. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi: Mengembangkan profesionalitas Guru. Jakarta: Rajawali pers
http://www.tutorial89.com/2014/06/cara-membuat-presentasi-di-microsoft.html?m=1








1 komentar: